MAKALAH LITOSFER PDF

LITOSFER – Download as Word Doc .doc /.docx), PDF File .pdf), Text File .txt) or read online. Akhir kata kami berharap semoga makalah biologi tentang c. litosfer – Download as Word Doc .doc /.docx), PDF File .pdf), Text File .txt) or read online. Bagian bagian Litosfer Litosfer disebut juga kulit bumi terdiri dua bagian yaitu: 1. Susunan Bumi Bumi .. Makalah Dasar Yeni n. uploaded by. Pengertian Litosfer Litos: batuan Sphere: lapisan Litosfer adalah: batuan yang berada pada lapisan paling atas permukaan bumi atau lapisan kerak bumi.

Author: Zulurg Kazralar
Country: South Africa
Language: English (Spanish)
Genre: Video
Published (Last): 2 May 2005
Pages: 331
PDF File Size: 4.99 Mb
ePub File Size: 8.38 Mb
ISBN: 743-1-63208-529-2
Downloads: 12106
Price: Free* [*Free Regsitration Required]
Uploader: Fegor

Sholawat beserta salam semoga tetap tercurah limpah kepada pelita alam Rosulullah SAW. Tak lupa kepada para keluarganya, kepada para sahabat serta kapada kita semua selaku umat yang mengikuti ajarannya.

Kami mengucapkan terima kasih pada semua pihak terkait yang ikut berpartisipasi dalam penulisan makalah ini. Akhir kata, tak ada gading yang tak retak. Oleh karena itu kami mohon kritik dan saran yang rekonstruktif kepada seluruh pembaca demi perbaikan dimasa mendatang. Litlsfer Terbentuknya Kulit Bumi Latar Belakang Masalah Kita sebagai makhluk yang berpijak di muka bumi ini sudah selayaknya mengetahui dan memahami bagaimana struktur dan lapisan planet yang kita tinggali ini.

Banyak hal yang tidak diketahui dan banyak pula anggapan yang kurang tepat tentang lapisan bumi ini. Bagaimanakah susunan lapisan bumi? Bagaimanakan teori terbentukya kulit bumi? Batuan apakah sajakan penyusun litosfer itu? Makalaah al-quran yang manakah yang berkaitan dengan lapisan bumi? Tujuan Mengetahui dan memahami lebih jauh pembentukkan, perubahan dan keadaan lempeng bumi sekarang.

Lapisan Bumi Secara struktur litoser tersusun atas tiga lapisan utama. Lapisan Bumi mulai dari lapisan terluar sampai terdalam yaitu kerak bumimantel bumi, dan inti bumi. Mantel terdiri dari dua bagian yaitu mantel atas dan mantel bawah, begitu juga dengan inti bumi, Inti terdiri atas inti luar dan inti dalam. Seiring litosfsr kedalaman lapisan bumi dari atas permukaan semakin bertambah pula berat jenis dan temperature serta tekanannya.

Kerak Bumi Merupakan lapisan terluar permukaan bumi yang berupa batuan makaalah dan dingin setebal 15—40 km. Pada lapisan kerak bagian atas, batuan telah mengalami pelapukan membentuk tanah. Daratan terbentuk dari kerak benua yang terbentuk dari granit. Dasar samudra litosfwr dari kerak samudra yang sebagian terbentuk dari batuan basal. Kerak benua continental crustmerupakan benda padat yang terdiri dari batuan granit di bagian atasnya dan batuan beku basalt di bagian bawahnya.

Litoster ini yang merupakan benua. Kerak samudra oceanic crustmerupakan benda padat yang terdiri dari endapan di laut pada bagian atas, kemudian di bawahnya batuan batuan vulkanik dan yang paling bawah tersusun dari batuan beku gabro dan peridolit.

Kerak ini menempati dasar samudra. Di bawah kerak bumi terdapat lapisan yang disebut MOHO yaitu lapisan peralihan yang mempunyai sifat fisis antara kerak bumi dan lapisan mantel, terutama elastisitas batuan dan densitasnya. Mantel Bumi Merupakan lapisan di bawah kerak yang dibatasi oleh lapisan peralihan yang tebalnya mencapai km. Lapisan mantel tebalnya mencapai km. Tekanan dari lapisan diatasnya membuat lapisan ini selalu dalam kondisi solid, tapi tetap bisa melelehkan batuan.

Lapisan mantel paling luar sekitar km dinamai dengan asthenosphere. Pada lapisan ini tekanan dan suhu berada pada kondisi berimbang sehingga lapisan makalha bersifat plastis.

DINAMIKA LITOSFER by Yunus Triyoga on Prezi

Asthenosphere merupakan sumber dari aktivitas vulkanik dan seismik gempa. Antara mantel bawah dan inti luar dipisahkan oleh lapisan peralihan setebal kurang lebih 80 km.

  DESPUES DEL MILAGRO HECTOR AGUILAR CAMIN PDF

Inti Bumi Terdiri atas dua bagian, yaitu inti luar outer core dan inti dalam core. Inti luar sebagian besar terdiri atas besi, nikel, dan oksigen. Antara inti luar dan inti dalam dipisahkan oleh lapisan peralihan setebal km. Inti dalam merupakan bola logam yang pekat, bersuhu sangat panas sekitar 4.

Makalah Litosfer

Lapisan ini terbentuk dari besi dan liosfer padat. Lapisan inti dalam merupakan pusat bumi dan diduga merupakan penyebab munculnya medan magnet bumi. Pengertian Litosfer Litosfer berasal dari bahasa yunani yaitu litos artinya batu dan Sphare berarti bulatan. Ahli-ahli geofisika menggunakan istilah litosfer dalam pengertian yang lebih terbatas yaitu kulit luar bumi yang tipis, disebut kerak crust.

Litosfer disebut juga kulit bumi terdiri dua bagian yaitu: Lapisan sial silisium alumunium yaitu lapisan kulit bumi yang tersusun atas logam silisium dan alumunium, senyawanya dalam bentuk SiO2 dan AL2O3. Pada lapisan sial silisium dan alumunium ini antara lain terdapat batuan sedimen, granit andesit dan jenis-jenis batuan metamor, dan batuan lain yang terdapat di daratan benua.

Lapisan sial dinamakan juga lapisan kerak bersifat padat dan batu bertebaran rata-rata 35 km. Kerak bumi ini terbagi menjadi dua bagian yaitu kerak benua dan kerak samudera.

Litosfr sima silisium magnesium yaitu lapisan kulit bumi yang tersusun makaalh logam logam silisium dan magnesium dalam bentuk senyawa SiO2 dan MgO lapisan ini mempunyai berat jenis yang lebih besar dari pada lapisan sial karena mengandung besi dan magnesium yaitu mineral ferro magnesium dan batuan basalt.

Lapisan ini merupakan bahan yang bersipat elastis dan mepunyai ketebalan rata rata 65 km. Proses terbentuknya ketiga macam batuan tersebut berbeda-beda. Induk dari ketiga 4 macam batuan tersebut adalah magma. Magma adalah larutan silikat yang cair dan pijar yang terdapat di dalam bumi. Berdasarkan tempat terbentuknya magma beku.

Contoh batuan beku dalam adalah granit, diotit, dan gabbro. Magma yang meresap di antara lapisan-lapisan litosfer mengalami proses pembekuan yang berlangsung lebih cepat, sehingga kristal mineral yang terbentuk tidak semua besar. Campuran kristal mineral yang besarnya tidak sama merupakan ciri batuan makxlah korok.

Batuan Beku Luar Batuan beku luar terjadi dari magma yang keluar dari dapur magma membeku di permukaan bumi seperti magma hasil letusan gunung berapi. Contoh batuan beku luar adalah basalt, diorit, andesit, obsidin, scoria, batuan apung bumice.

Batuan beku mineral ringan Tersusun atas mineral-mineral ringan berwarna terang, mudah pecah, dan banyak mengandung silikat sehingga bersifat asam. Batuan beku mineral berat Tersusun atas mineral-mineral berat yang berwarna gelap, sukar pecah, dan kadungan silikatnya sedikit sehingga sifatnya basa. Batuan Sedimen Sedimentary Rock Batuan Sedimen merupakan batuan mineral yang telah terbentuk dipermukaan bumi yang mengalami pelapukan.

Bagian – bagian yang lepas dari hasil pelapukan tersebut terlepas dan ditansportasikan oleh aliran air, angin, maupun oleh gletser yang kemudian terendapkan atau tersedimentasi dan terjadilah proses diagenesis yang menyebabkan endapan tersebut mengeras dan menjadi bantuan sedimen. Berdasarkan tenaga yang mengendapkan batuan sedimen dibagi 3 yaitu: Batuan sedimen aeolis aeris: Berdasarkan tempat pengendapannya batuan sedimen dibagi 5,yaitu: Berdasarkan cara pengendapannya batuan sedimen dibagi 3 yaitu: Contohnya batu pasir, tanah liat, konglomerat, breksi.

Contohnya batu kapur, gipsum, gamping. Batuan Malihan Metamorf Batuan Malihan adalah batuan yang telah mengalami perubahan, baik secara fisik maupun kimiawi, sehingga berbeda dari batuan induknya terbentuk karena terjadinya penambahan suhu atau penambahan tekanan yang tinggi dan terjadi secara bersamaan pada batuan sedimen.

Berdasarkan faktor-faktor yang mempengaruhi perubahannya batuan metamorf dapat dibagi menjadi 3 yaitu: Batuan metamorf kontak metamorf termal: Suhu tinggi karena letaknya dekat magma, atau ada di sekitar batuan intrusi.

Contohnya batolit, lakolit, sill. Pada zona ini banyak ditemukan mineral-mineral bahan galian yang letaknya relatif teratur, contohnya besi, timah, seng yang dihasilkan dari limestone dan calcareous shale. Batuan metamorf dinamo metamorf kinetis: Adanya tekanan dari arah berlawanan menyebabkan butir-butir mineral menjadi pipih dan ada yang mengkristal kembali. Contohnya batu lumpur menjadi batu tulis slate.

  DATASHEET 2SC3858 PDF

Batuan metamorf pneumatolitis kontak: Contohnya kuarsa dan gas borium berubah menjadi turmalin, dengan gas florin menjadi topas permata kuning. Teori Terbentuknya Kulit Bumi Kulit bumi dari waktu ke waktu selalu mengalami perubahan.

Hal ini telah menjadi bahan pemikiran para ahli untuk mengungkap proses perubahan dan perkembangan kulit bumi pada masa lalu, sekarang dan prediksi pada masa yang akan datang.

Adapun berbagai teori terbentuknya kulit bumi yang dikemukakan para ahli antara lain sebagai berikut. Ia menyatakan bahwa bumi semakin lama semakin susut dan mengkerut yang disebabkan oleh terjadinya proses pendinginan, sehingga di bagian permukaannya terbentuk relief berupa gunung, lembah, dan dataran. Teori kontraksi didukung pula oleh James Dana dan Elie de Baumant Teori Dua Benua Laurasia-Gondwana Theory Teori ini menyatakan bahwa pada awalnya bumi terdiri atas dua benua yang sangat besar, yaitu Laurasia di sekitar kutub utara dan Gondwana di sekitar kutub selatan bumi.

Kedua benua tersebut kemudian bergerak perlahan ke arah equator bumi, sehingga akhirnya terpecah-pecah menjadi benua benua yang lebih kecil.

Teori Laurasia-Gondwana kali pertama dikemukakan oleh Edward Zuess pada Ia menyatakan bahwa pada awalnya di bumi hanya ada satu benua maha besar yang disebut Pangea. Menurutnya benua tersebut kemudian terpecah-pecah dan terus bergerak melalui dasar laut. Gerakan rotasi bumi yang sentripugal, mengakibatkan pecahan benua tersebut bergerak ke arah barat menuju equator. Teori ini didukung oleh bukti-bukti berupa kesamaan garis pantai Afrika bagian barat dengan Amerika Selatan bagian timur, serta adanya kesamaan batuan dan fosil pada kedua daerah tersebut.

Hess dan dikembangkan lebih lanjut oleh Robert Diesz, menyatakan bahwa di dalam bumi yang masih dalam keadaan panas dan berpijar terjadi arus konveksi ke arah lapisan kulit bumi yang berada di atasnya, sehingga ketika arus konveksi yang membawa materi berupa lava sampai ke permukaan bumi di mid oceanic ridge punggung tengah samuderalava tersebut akan membeku membentuk lapisan kulit bumi yang baru menggeser dan menggantikan kulit bumi yang lebih tua.

Teori Lempeng Tektonik Plate Tectonic Theory Lapisan bagian atas bumi merupakan bagian yang tegar dan kaku berada pada suatu lapisan yang plastis atau cair, lapisan plastis ini adalah lapisan di bwahnya yang disebut astenosfer.

Hal ini mengakibatkan lapisan permukaaan bumi bagian atas menjadi tidak stabil dan selalu bergerak sesuai dengan gerakan yang berada di bawahnya. Keadaan inilah yang melatar belakangi lahirnya teori Lempeng Tektonik. Teori lempeng tektonik dikemukakan oleh Tozo Wilso. Berdasarkan teori ini, kulit bumi atau litosfer terdiri atas beberapa lempeng tektonik yang berada di atas lapisan astenosfer, 9 Lempeng-lempeng tektonik pembentuk kulit bumi selalu bergerak karena pengaruh arus konveksi yang terjadi pada lapisan astenosfer yang berada di bawah lempeng tektonik kulit bumi.

Litosfer sebagai lapisan paling luar dari badan bumi, bagaikan kulit ari pada kulit manusia dan merupakan lapisan kerak bumi yang tipis. Prinsip teori tektonik lempeng adalah kulit bumi terdiri atas lempeng-lempeng yang kaku dengan bentuk tidak beraturan.

Dinamakan lempeng karena bagian litosfer mempunyai ukuran yang besar di kedua dimensi horizontal panjang dan lebartetapi berukuran kecil pada arah vertikal ketebalan.